Rumah Ilmu UNNES



Rumah Ilmu UNNES (Universitas Negeri Semarang) terletak di Sekaran, Kec. Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Rumah ilmu tidak membatasi mahasiswa/pelajar untuk beroirentasi pada akademik, tetapi rumah ilmu sebagai rumah pengetahuan yang terbuka, menjaga jalinan ilmu dengan realitas nasional yang relevan, serta membangun prinsip partisipasi , dan bukan dari kontrol mutlak yang mendominasi. 

Aku mengunjungi Rumah Ilmu pada 10 Oktober 2019 bersama dengan teman saya. Pandangan pertama dari Rumah Ilmu ini yaitu megah, asri, dan bersih. Di bagian depan gedung terdalat air mancur dan tumbuhan hijau. Biasanya bagian depan gedung ini menjadi tempat yang cocok untuk berfoto. 

Didalam gedung ini terdapat lift dan tangga sebagai akses untuk naik ke perpustakaan. Pertama kali masuk kita akan diarahkan untuk mengambil kunci loker. Setelah itu menuju ke loker untuk meletakkan tas. Setelah itu naik melalui tangga atau lift untuk ke perpustakaan. Ketika masuk ke perpustakaan terdapat berbagai macam buku di rak dan komputer di sudut ruang. Terdapat pula meja serta kursi yang menghadap jendela untuk membaca buku. Dilantai paling atas terdapat ruang belajar outdoor. 

Fasilitas yang terdapat disana ada berupa komputer, stopkontak, ruang belajar diskusi, dll. Saat berada disana aku merasa sangat nyaman dan sejuk. Di setiap lantai terdapat kamar mandi yang luas dan sangat nyaman. Selain itu, kita juga bisa berdiskusi atau mengobrol dengan teman di lantai 1. Begitulah kesan saya dari kunjungan ke Rumah Ilmu Unnes. 

Komentar